More About Me...

Info KBO on Blogspot (http://info-kbo.blogspot.com) ini merupakan blog pendukung Katalog Buku Online (KBO). Info-KBO merupakan media informasi pengurus kepada para penyunting KBO di seluruh Indonesia. Info-KBO memberitakan perkembangan terbaru tentang proyek KBO, tips dan trik seputar menyunting KBO, hal-hal lain yang perlu di ketahui para pecinta buku di tanah air.

The Real Project...

Katalog Buku Online (KBO) yang beralamat di www.katalogbukuonline.com merupakan proyek bersama untuk mendokumen- tasikan buku-buku yang pernah terbit di Indonesia dalam sebuah katalog online yang dapat di akses kapanpun dan dimanapun di seluruh dunia. Siapapun bisa bergabung sebagai penyunting di KBO. Ayo, bergabunglah sekarang juga!

Mengenal KatalogBukuOnline.com (KBO)

Perkembangan dunia perbukuan di Indonesia saat ini sungguh sangat luar biasa. Hal ini dapat kita liat sangat beragamnya jenis dan judul buku yang diterbitkan. Walau pun banyak yang beranggapan buku masih mahal, namun berbagai penerbit masih banyak yang bermunculan, dari skala rumahan, hingga penerbit berskala besar. Perkembangan telekomunikasi, khususnya internet, telah membentuk jalur baru dalam rantai pemasaran buku. Internet telah melahirkan banyak penulis-penulis baru hingga penerbit yang dikelola perseorangan (penerbit pribadi). Buku memang sumber ilmu, yang akan terus dicari hingga kapan pun.

Sampai saat ini belum ada satu pun lembaga yang secara berkala mendokumentasikan buku-buku apa saja yang telah dihasilkan negeri ini. Memang kita akui usaha tersebut sejak lama sudah ada seperti penerbitan direktori bibliografi oleh berbagai perpustakaan nasional dan daerah serta perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi, bahkan sudah dionlinekan. Namun usaha tersebut masih dilakukan sendiri-sendiri oleh lembaga yang bersangkutan, serta masih belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas di tanah air. Selain karena sumber informasi tersebut agak sulit diperoleh, juga karena deskripsi buku pada bibliografi tersebut sangat terbatas. Maka untuk itulah Katalog Buku Online (KBO) ini kami lahirkan sebagai Sumber Informasi Bersama Perbukuan Nasional.

Dengan adanya KBO ini diharapkan penerbit, penulis, pustakawan, wartawan, pelajar/mahasiswa, guru/dosen, pemilik toko buku, orang tua, atau siapa saja yang berminat dengan buku bisa saling berbagi dan melengkapi informasi buku-buku yang mereka miliki. Dengan sumber daya manusia yang sangat luar biasa ini serta jaringan internet yang sudah menasional, tentunya KBO akan bisa menjadi Sumber Informasi Bersama Perbukuan Nasional yang sangat diandalkan.

0 komentar:

Posting Komentar